Memasang Iklan Di Facebook Secara Irit dan Maksimal

Halo sobat sekalian, kali ini Tim Viralkan dong ingin berbagi pengalaman tentang cara memaksimalkan iklan di jasa facebook ads. Untuk memasang iklan di facebook agar irit dan maksimal itu ternyata butuh beberapa trik dan ini akan saya ceritakan berdasarkan beberapa pengalaman yang saya alami.


Beberapa waktu lalu saya ingin mengembangkan bisnis online marketing yang baru sebagai affiliate di lazada.com. Dengan tujuan mencipatkan jaringan yang baik serta tempat promosi yang menarik maka saya membuat toko online di facebook fanpage

Untuk hasil dari iklan di facebook sendiri saya memperoleh follower 5.600an orang dengan modal Rp. 100.000,-.  Apakah seratus ribu itu mahal? Murah? Irit? Itu tergantung persepsi teman-teman sendiri.

Namun bagi saya seratus ribu rupiah untuk mendapatkan lima ribu lebih follower itu sangat irit dan maksmimal, kenapa? Bayangkan saja kalau saya harus mengirim surat atau mendatangi mereka satu per satu untuk menjadi follower, tentu saja Rp. 100.000,- tidak cukup.

Simpel kan?hehe... Itulah terkadang uang bisa membuat sesuatu menjadi praktis asal kita mau berkorban dam memiliki pemikiran yang positif.

Oke saya akan menceritakan pengalaman pribadi ini untuk teman-teman semua, semoga bermanfaat.

Cara Memasang Iklan di Facebook

Setiap kali akan mempromosikan baik itu posting atau halaman, maka kita harus melakukan beberapa setting manual untuk mengoptimalkan hasil yang tertarget. Apa saja point itu:

  • Nama Setting. Nama ini dipakai untuk mengelompokan jenis settingan bersarkan target pemirsa, umur, minat dan sebagainya. Sehingga ketika ingin mengiklankan kembali posting atau halaman yang lain, kita tinggal memilih target mana yang akan dipakai berdasarkan pengelompokan tersebut.
  • Kota Target. Ini adalah pilihan kota yang ingin dituju agar iklan yang terpasang lebih tertarget dan banyak yang merespon.
  • Usia. Ini adalah kategori usia berdasarkan pengguna facebook yang ingin kita bidik.
  • Minat. Ini adalah pengelompokan berdasarkan demografi, minat dan pekerjaan.
  • Penempatan. Ini adalah letak iklan yang akan muncul. Ada tiga pilihan yang harus di ambil dan kita bisa pilih semuanya. Pilihannya yaitu 1. Kabar berita seluler 2. Kabar berita dekstop 3. Sisi Kanan atau Sidebar kanan pada tampilan facebook di dekstop.

  • Setelah kita mengisi form tadi, selanjutnya adalah mengukur budget iklan per hari dan saya lebih memilih 10.000/hari karena itu adalah nominal paling rendah yang boleh diisikan. Kenapa saya memilih 10.000, ya karena ingin irit aja..hehe.

Tips Agar Iklan Di Facebook Irit dan Maksimal.

Nah, sekarang kita berbicara tentang tips agar iklan di facebook itu irit dan menghasilkan respon yang maksimal.

Konsepnya adalah sederhana, anggap saja kita masih awam dan pertama kali memasang iklan di facebok. Pastinya jantung ini sedikit berdetuk lebih cepat meskipun Cuma 10.000/hari..hehe. Itu biasa, karena baru pertama dan masih nervous.

Untuk kita yang pertama kali memasang iklan di facebook pasti belum mengerti betul tentang target wilayah, usia, dan bagaimana iklan itu merayap. Tentu data yang kita miliki sangat minim sekali, oleh sebab itu berdasarkan pengalaman yang saya alami, saya membuat sedikit trik khusus.
Pertama saya akan membuat setting secara makro atau ruang lingkup yang besar seperti:

  • Wilayah: saya pilih negara misalnya Indonesia.
  • Usia: 13-60 sebaga batasi minimal dan maksimal umur yang akan di bidik.
  • Minat: Khusus untuk minat saya akan mengisi berdasarkan konten yang akan saya bidik. Misal saya akan posting tentang baju maka saya pilih minat fashion, pakaian dan sebagainya.
  • Penempatan: Saya akan cetang semua pilihan.
  • Setelah semua sudah di isi, maka tinggal klik promosikan.

Ini Point yang paling penting.

Setelah iklan berjalan setengah jam atau sudah beberapa orang yang merespon seperti like atau komentar. Maka segera lihat data laporan iklan kita di pengelola iklan.

Dari situ akan kelihatan kota mana saja yang melakukan respon, Usia yang melakukan respon dan penempatan mana yang lebih banyak di klik.

Dari data sementara tersebut, kita sudah bisa melihat kota mana yang palin bayak melakukan respon, kelompok usia berapa dan penempatan mana yang lebih merespon. Maka rubahlah settingan awal tadi menjadi lebih sempit seperti wilayah yang tadinya negara dirubah menjadi 2 atau 3 kota yang paling banyak merespon. Usia dan penempatan juga demikian, segera rubah dengan kelompok usia baru dan penempatan yang tertarget. Sehingga target lebih menyempit dan terfokus.

Dengan melakukan tips tersebut, sebetulnya kita sedang mengikuti kemauan robot di facebook sesuai dengan perayapan awalnya. Dengan menyempitkan target dan wilayah maka perayapan akan lebih maksimal dan memberikan respon yang lebih baik dari pengunjung facebook.

Itu tadi beberapa tips singkat untuk memperoleh banyak respon di iklan facebook dengan budget yang minim tapi memberikan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memasang Iklan Di Facebook Secara Irit dan Maksimal"

Posting Komentar