Usaha Warung Sembako, Bagaimana Prospeknya Saat Ini?

Usaha toko sembako adalah salah satu peluang usaha yang menjanjikan dan cukup banyak dijalankan pengusaha kecil saat ini. Sembako seperti beras, minyak, gula, dan bahan makanan lainnya merupakan kebutuhan penting bagi manusia. Semua orang pasti membutuhkannya, itulah sebabnya mengapa peluang usaha warung sembako masih cukup menjanjikan saat ini.

Namun, beberapa orang agak pesimis dengan peluang usaha toko sembako karena harus bersaing dengan pemain besar seperti mini market dan pusat perbelanjaan yang semakin banyak. Maraknya mini market yang menjual produk yang sejenis memang merupakan tantangan tersendiri, namun tentu saja selalu ada celah yang bisa kita manfaatkan.

Peluang usaha warung sembako tidak mengenal musim sama sekali dan akan selalu dicari oleh semua orang. Tak perlu membuka toko sembako yang besar, anda bisa memulainya dari toko kecil. Nanti sambil berjalan, Anda bisa membuat bisnis sembako menjadi semakin besar.

Sebelum memulai usaha awrung sembako, lebih baik ketahui semua hal tentang bisnis ini. Berikut ulasannya,

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Toko Sembako

Sebelum memulai bisnis warung sembako, mungkin Anda harus tahu kelebihan dan kekuranganya terlebih dahulu sehingga bisa dijadikan pertimbangan sebelum benar-benar menjalankannya.

A. Kelebihan Usaha Warung Sembako

#1. Dibutuhkan Banyak Orang
Kelebihan dari usaha ini sangat banyak sekali karena rata-rata orang membutuh sembako setiap hari, jadi target pasarnya akan cukup luas. Warung sembako seringkali menjadi tempat favorit berbagai kalangan untuk mencari bahan makanan untuk diolah, tidak hanya kelas menengah ke bawah saja tapi masyarakat kelas menengah atas pun membutuhkanya.

Jadi kita tak perlu bingung mencari konsumen, asalkan pintar memilih lokasi dan bisa bersaing dengan warung sembako lainnya maka toko sembako bisa berjalan dengan baik.

#2. Warung Sembako Selalu Dicari
Selain itu, bisnis ini tidak mengenal musim sama sekali. Mau lebaran, hari biasa, hari natal, dan lainnya semua orang pasti butuh sembako. Selain itu tidak butuh proses pengolahan, karena semua bentuk barang sudah jadi.

#3. Bisa Dikerjakan dari Rumah
Usaha toko sembako ini bisa dikerjakan di rumah, tentunya jika lokasi rumah Anda cukup strategis. Jadi cocok untuk ibu rumah tangga yang ingin memperoleh tambahan penghasilan di rumah. Bisa dikerjakan sambil menyelesaikan pekerjaan rumah lainnya.

Jika Anda memiliki modal yang lebih besar, bisa membuka bisnis yang lebih besar atau menjadi distributor. Jadi warung sembako kecil mengambil barang di tempat anda. tidak menjual sembako ecer tapi grosiran dalam jumlah besar.

#4. Mudah Dijangkau
Seringkali orang malas keluar rumah terlalu jauh ke pusat perbelanjaan, dan lebih memilih untuk membeli kebutuhan mereka di toko sembako terdekat. Nah, jika warung sembako Anda berada di dekat pemukiman maka kemungkinan besar akan mendapat banyak pelanggan.

#5. Suasana Kekeluargaan dengan Pembeli
Biasanya konsumen yang sering berbelanja akan mudah dikenal sehingga suasana kekeluargaan antara Anda dan konsumen akan terbentuk. Namun, tentu saja kita harus membatasi keakraban tersebut karena pada dasarnya pada saat Anda berbisnis tetap harus memperlakukan konsumen layaknya raja.

B. Kekurangan Usaha Warung Sembako

Selain memiliki kelebihan, tentunya bisnis ini juga memiliki kekurangan. Walaupun kekurangannya tidak banyak, bahkan tidak akan jadi penghalang untuk membuka bisnis ini, namun tetap perlu diwaspadai.

#1. Harga Sembako yang Naik Turun
Kekurangan yang paling sering terjadi adalah harga sembako yang naik turun. Anda harus bisa mengetahui keadaan pasar. Minyak, beras, telur dan lainnya pasti memiliki harga yang berubah-rubah.
Terkadang kita harus membeli barang ketika harga sedang naik, tapi beberapa hari kemudian langsung turun. Ini membuat anda mengalami kerugian. Tapi hal ini juga masih bisa disiasati dengan berbagai strategi.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Usaha Warung Sembako, Bagaimana Prospeknya Saat Ini?"

Posting Komentar